Home

Sistem Pakar Certainty Factor

Mari berdiskusi bersama kami di Group Facebook Kurung Kurawal

Musim skripsi yang baru saja berlalu menyisakan setumpuk source code aplikasi yang berhasil membawa beberapa mahasiswa mendapatkan hak toga mereka. Meskipun tampil dalam beberapa bentuk dan perangkat, mayoritas masih membuat aplikasi Sistem Pakar, sebuah aplikasi yang menyuguhkan beberapa pertanyaan dan kemudian memberikan kesimpulan akan suatu masalah.

Meskipun saya sendiri tidak paham sebenarnya apa itu sistem pakar, beberapa rekan mahasiswa mempercayakan saya untuk mengubah pemahaman yang mereka miliki tentang aplikasi sistem pakar ini menjadi barisan kode kode aplikasi yang siap dipamerkan di depan dosen penguji. Sejauh ini, sudah 2 metode sistem pakar yang saya buat, sekali lagi, saya tidak tahu istilahnya benar atau tidak, ataupun keabsahan teori yang digunakan. Saya telah membuat Sistem Pakar dengan metode Forward Chaining dan Certainty Factor.

Setelah selesai sidang skripsi, saya kemudian berpikir untuk meng-opensource-kan aplikasi yang pernah saya buat, namun tentu saja tidak mentah-mentah memberikan source code yang digunakan sang Mahasiswa dalam tugas akhirnya, melainkan telah saya modifikasi.

Aplikasi tersebut saya kemas menjadi 2 bagian, client dan server. Aplikasi pada server berjalan melalui media Web dan protokol Http, ditulis dengan bahasa PHP dan konco-konconya, atau singkat nya, sebut saja Web Application, atau sebuah website. Sedangkan untuk client nya, saya buat menjadi aplikasi untuk sistem operasi Android, si robot hijau.


Get it on Google Play

Saya tidak akan berpanjang lebar mengenai aplikasi ini, jika tertarik, silakan download di google play store, http://goo.gl/IqagTw.
Source code, baik client dan server, juga tersedia gratis, dan bebas dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Data yang disajikan oleh aplikasi demo ini hanya bertujuan mendemonstrasikan perhitungan sistem pakar dengan metode Certainty Factor saja, keabsahaan data sama sekali tidak dapat dipercaya. Metodologi serta rumus yang digunakan juga berdasarkan penjelasan dari mahasiswa yang meminta jasa saya membuatkan aplikasi untuk mereka, saya tidak dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai teoritis rumus tersebut. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini sebagai TA anda, saya sarankan konsultasikan ke dosen anda terlebih dahulu, pengalaman saya di Universitas B**i L***r, Dosen penguji yang berbeda akan menuntut teori yang berbeda pula, alias tidak konsisten.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.