{Kurung Kurawal}

Konversi Basis Angka

Salah satu mata kuliah di periode ini adalah Sistem Digital. Dan materi pembukanya adalah mengenai basis angka, dengan kuliah pembuka yang begitu “wah”, karena tanpa basa basi langsung mendapat tugas yang soalnya gak banyak, hanya 4 soal, tapi diharuskan menulis di kertas folio bergaris, dan ternyata 1 halaman bolak balik kertas folio tersebut full.



Tugas yang dimaksud adalah (jangan basa basi, langsung aja ke aplikasi) melakukan konversi basis angka dari basis yang satu ke basis lainnya, lebih detail, adalah konversi basis 16 (hexadecimal) ke basis 2 (binary), basis 8 (octal), basis 5 (quinary), dan basis 7 (septenary). Meskipun sebenarnya, konversi tersebut bukanlah hal yang susah secara teori, namun apabila melibatkan angka-angka yang begitu banyak (banyak dalam arti jumlah digit), apalagi desimal (desimal dalam arti jumlah angka di belakang koma), lumayan membuat jari keriting.

Dan tentunya, sang Dosen dengan begitu cerdasnya membuat mahasiswanya gak berkutik, karena dalam tugas tersebut diharuskan membuat langkah-langkah konversi sehingga didapat hasil akhirnya. Oh Dear, seandainya saja hanya hasil yang dibutuhkan, kalkulator sudah siap sedia.

Obok-obok internet, kebanyakan hanya memberikan fungsi konversi saja, tidak disertakan step by step konversinya. Contohnya yang ini (lengkap dengan istilah basis angka-nya). Maka, dengan bantuan penjelasan algoritma dari sahabat, Fahri Aje (http://daffari.multiply.com), akhirnya saya berinisiatif membuat sebuah aplikasi kecil (ada setelah ini), untuk menghitung konversi angka, dan juga membuat step by step konversinya.

Enjoy!