{Kurung Kurawal}

Membuat Deretan Abjad dengan loop

Dalam pemrograman, loop atau perulangan tentunya menjadi sesuatu yang boleh dikatakan pasti akan ditemui setiap kali seorang programmer melakukan coding. Bagaimana tidak, tentunya programmer tidak ingin mengetik berulang-ulang setiap pernyataan yang sekiranya bisa diulang, bisa dikarenakan efisiensi, atau bisa juga dikarena memang harus di-ulang, misalnya, menampilkan isi dari sebuah table dari database hingga benar-benar habis.

Misalnya saja, cetak output sebagai berikut ini

1
2
3
4
5
6
7
ini adalah angka 1
ini adalah angka 2
ini adalah angka 3
.
.
.
ini adalah angka 1000

Rasanya jika harus mengetik 1000 kali, akan sangat merepotkan dan tidak efisien. Hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan, misalnya dalam syntax PHP

1
2
3
<?php
for($i = 1; $i <= 1000; $i++) echo "ini adalah angka $i<br>";
?>

Selesai urusannya, jangankan 1000, 100000000000 kali pun tidak menjadi masalah, hehehe, asalkan processornya kuat saja.

Itu jika angka, mudah saja perulangan dengan incremental, bagaimana dengan huruf/abjad? Misalnya, buat output:

1
2
3
4
5
6
ini huruf a
ini huruf b
.
.
.
ini huruf z

Gak banyak, cuma 26 baris saja. Tapi tetap saja, jari-jari bisa keriting buang-buang tenaga hanya untuk mengetikkan code tersebut. Dan juga bagaimana jika harus membuat urutan, bukan dengan angka, tetapi huruf/abjad. Misalnya, tadi sudah sampai h, maka sekarang harus i. Bagaimana caranya? Buat array dulu, kemudian diakses satu persatu? bisa saja, tapi boros.

Pada dasarnya, huruf atau abjad dalam komputer memiliki representasi angka yang digunakan untuk mengenali huruf tersebut, bukan hanya huruf, segala macam simbol karakter juga. Umumnya, dan hampir semua komputer, menggunakan pengkodean ASCII. Huruf A sampai dengan Z, memiliki karakter ASCII yang berurutan, dan hal itulah yang akan kita manfaatkan.

Berikut contoh dalam syntax javascript (dengan alert)

1
2
3
4
5
6
7
var s = 'a';
while(s != 'z')
{
    alert("ini huruf " + s);
    s = String.fromCharCode(s.charCodeAt(0) + 1);
}
alert("ini huruf " + s);

Atau dalam PHP

1
2
3
4
5
6
7
8
9
<?php
$s = 'a';
while($s != 'z')
{
        echo "ini huruf $s \n";
        $s = chr(ord($s) + 1);
}
echo "ini huruf $s <br>";
?>

Tentu saja contoh diatas hanya memperlihatkan metode dan konsep yang digunakan, bukan merupakan coding yang bebas bug dan sempurna. Dan jika diperhatikan, code dari 2 bahasa pemrograman di atas sebenarnya sama saja kok, beda nama saja.

Semoga bermanfaat.