Home

Instant Search dengan vb.Net

Mari berdiskusi bersama kami di Group Facebook Kurung Kurawal

Aplikasi sederhana pada Windows dengan menggunakan form ada kalanya melibatkan pencarian suatu data tertentu. Misalnya, pada sebuah form, user diminta memasukan id dari sebuah entitas tertentu, dan tentu saja, user tidak akan sanggup untuk menghapalkan seluruh id, nama, atau properti lain dari entitas tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, bisa disiasati dengan, salah satu contoh, menggunakan pop-up window, yang berisikan daftar dari seluruh entitas yang ingin dicari. Misalnya, jika mencari supplier, maka akan muncul sebuah window yang menampilkan seluruh daftar supplier yang sudah tersimpan sebelumnya. Dengan demikian, user tinggal klik salah satunya saja, dan dia-pun mendapatkan informasi yang berkaitan dengan supplier tersebut.

Namun, bagaimana jika jumlah supplier yang tersimpan dalam database ada ribuan atau ratusan. Bahkan puluhan pun mungkin sudah membuat si user kebingungan memilih diantara daftar yang disajikan. Untuk mengatasi tersebut, mungkin akan lebih baik jika user dapat mencari entitas dengan cukup memberikan sepenggal informasi yang dia ingat.

Contoh, jika mencari sebuah buku, user hanya ingat bahwa penerbit nya adalah PT Gramudia, maka dia cukup memasukkan kata gramudia, maka isi dari daftar supplier akan otomatis difilter sesuai dengan informasi tersebut. Tentu saja, bukan hanya informasi penerbit saja, melainkan seluruh properti dari entitas buku tersebut dapat dicari. Jika user hanya ingat sepenggal kata dari judul, maka itu juga bisa dicari.

Dibawah merupakan Prove of Concept dari ide diatas.

Kunci dari ide diatas adalah, menggunakan event keyup pada sebuah textbox kemudian me-refresh DataGridView dengan sebuah query baru ke database berdasarkan isi dari textbox yang diinginkan.

Tentu saja sampai dengan tahap ini, efisiensi query ke database belum diperhitungkan.