Home

PoC, User Access Control, vb.NET

Mari berdiskusi bersama kami di Group Facebook Kurung Kurawal

Sebuah aplikasi yang dibuat biasanya akan digunakan oleh banyak user. Banyak user disini bisa berarti, banyak individu yang menggunakan, atau bisa juga berarti banyak “jenis” user berdasarkan hak akses yang akan menggunakan aplikasi ini, misalnya, seorang user sebagai “admin” akan memiliki akses yang berbeda dengan user dari “staff”.

Aplikasi berbasis windows Form dengan vb.NET adalah sebuah aplikasi yang berdiri sendiri, dengan life-cycle aplikasi adalah dari ketika user membuka hingga menutup aplikasi tersebut, hal ini menjadikan session management dari aplikasi tersebut lebih mudah, dibandingkan misalnya, aplikasi yang berbasis web server (contoh PHP, ASP, atau JSP). Meskipun, dari segi programming keduanya sama saja. Toh, sudah ada yang menangani masalah itu.

Yang saya maksudkan beda adalah, bahwa pada aplikasi berbasis web, ada satu kendala bahwa, protokol HTTP pada dasarnya adalah stateless protocol, artinya, sama sekali tidak ada hubungan antara halaman yang satu dengan lainnya, sedangkan pada aplikasi berbasis windows, pada aplikasi yang sama, meskipun form berbeda, mereka masih bisa berkomunikasi satu sama lainnya. Tentu saja, kita tidak akan membahas mengenai aplikasi yang dibangun berbasis konsep multithreading atau (apalagi) multiprocess.

Well, dibawah adalah contoh implementasi, sekedar Prove of Concept, yang sudah saya buat.